Daftar Vaksin Untuk Ibu Hamil

Daftar Vaksin Untuk Ibu Hamil

Bagi para calon ibu tentu semuanya berharap bahwa buah hatinya lahir dalam kondisi sehat serta dapat melalui masa tumbuh kembangnya dalam keadaan kesehatan yang optimal juga. Untuk itu penting untuk mengetahui daftar vaksin untuk ibu hamil yang sebaiknya Anda dapatkan. Manfaat vaksinasi pada ibu hamil adalah sebagai tindakanpencegahan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan infeksi virus penyebab berbagai penyakit.

beberapa jenis vaksin

Berbagai jenis vaksin untuk ibu hamil

Walaupun vaksin pada wanita hamil dianjurkan untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari serangan virus, tapi dokter tidak merekomendasikan memberikan vaksin dari virus hidup. Penyebabnya karena ibu hamil kerap mengalami penurunan kondisi sehingga vaksin virus hidup bisa memicu infeksi yang membahayakan janin.

Inilah daftar vaksin untuk ibu hamil sebagai referensi Anda.

Tetanus toksoid

Vaksin TT berguna untuk menghindari infeksi tetanus yang bisa membahayakan baik bagi ibu serta bayi. Walaupun sebelumnya sudah pernah divaksinasi TT, tetapi ibu dianjurkan melakukan vaksin tambahan menjelang pernikahan. Bila tak sempat dilakukan, vaksinasi diberikan saat ibu mengandung, 2 kali dengan jarak 1 hingga 2 bulan.

Influenza

Selain vaksinasi TT, ibu hamil sebaiknya juga mendapatkan vaksin influenza untuk melindungi diri dan janinnya sesuai rekomendasi WHO. Walaupun kita sering menganggap penyakit ini biasa tapi kematian bayi usia di bawah 6 bulan akibat influenza masih terbilang tinggi. Ibu hamil bisa mendapatkan vaksinasi ini pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Hepatitis B

Selain ibu hamil, bayi yang baru lahir juga perlu mendapatkan vaksin Hepatitis B. Vaksin ini terbuat dari bahan rekayasa genetika atau rekombinan yang mirip dengan virus asli. Sebelum vaksinasi ibu hamil harus dites darah dulu untuk mengetahui kadar HbsAg dan Anti-Hbs. Ibu hamil dikatakan tak perlu divaksin lagi bila hasilnya positif atau sudah mempunyai antibody untuk virus ini.

Selain vaksin untuk ibu hamil sebagaimana yang telah diulas di atas beberapa jenis vaksin lainnya yang juga disarankan adalah Meningococcal untuk mencegah radang selaput otak (meningitis). Sementara menjelang pernikahan, dapatkan vaksinasi MMR untuk mencegah infeksi Rubella dan VZV untuk mencegah cacar air.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

eighteen − one =

×
Hallo