Ciri-ciri Kanker Serviks pada Wanita

Ciri-ciri Kanker Serviks pada Wanita

Kanker serviks merupakan salah satu ancaman terbesar bagi wanita. Pada umumnya, kanker mulut rahim ini bisa menyerang siapa saja. Bahkan dikatakan pula bahwa jenis penyakit ini merupakan kanker pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Tentunya hal ini perlu diwaspadai seluruh wanita. Salah satu caranya ialah dengan mengenal ciri-ciri kanker serviks.

ciri ciri kanker serviks

Dengan mengetahui ciri-cirinya, maka kita bisa mencegah kanker ini mengganas, dan sedini mungkin bisa ditangani.

Inilah 5 Ciri-ciri Penderita Kanker Serviks

  1. Adanya pendarahan di vagina secara tidak normal

Bagi wanita, jika terjadi pendarahan pada vagina yang berlebihan terutama diluar masa menstruasi, maka perlu diwaspadai sebagai salah satu ciri kanker serviks. Bahkan hal ini bisa terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Penderita bisa mengalami bercak darah atau menstruasi dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

  1. Keputihan yang abnormal

Bagi wanita, keputihan bisa jadi hal yang biasa. Namun jika hal ini disertai bercak darah, maka bisa diwaspadai sebagai tanda munculnya kanker serviks.

  1. Kehilangan nafsu makan

Jika tiba-tiba tubuh menjadi kurus secara signifikan, dan dibarengi dengan hilangnya nafsu makan, maka hal ini peru diwaspadai. Segera periksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah ada serangan penyakit yang muncul. Karena hilangnya nafsu makan, bisa jadi salah satu ciri munculnya kanker serviks. Apalagi jika disertai dengan adanya pendarahan yang tak normal saat haid.

  1. Mudah lelah

Seperti pada ciri-ciri penyakit kanker pada umumnya kanker mulut rahim juga disertai dengan ciri-ciri awal berupa mudah lelah. Tanpa melakukan pekerjaan fisik yang berat, seseorang bisa lebih cepat lelah.

  1. Nyeri pada kaki

Kanker serviks juga ditandai dengan datangnya rasa nyeri pada kaki. Bisa juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti bagian belakang atau pinggang. Tanda ini sering tidak disadari sebagai tanda munculnya gejala kanker. Maka dari itu, jika nyeri datang tanpa sebab tertentu, segera periksakan diri ke dokter.

Demikian beberapa ciri kanker serviks yang perlu diperhatikan seluruh wanita. Gejalanya yang sangat umum bisa jadi tak disadari merupakan ciri datangnya penyakit ini. Segera lakuakn check up jika muncul tanda-tanda di atas.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

six − 6 =

×
Hallo