Cegah Kanker Serviks! Healthy Lifestyle Festival 2016

Dr. Kristoforus Hendra Djaya, CEO In Harmony Clinic, menjadi pembicara pada acara bertajuk Healthy Lifestyle Festival 2016 (6/12). Pada acara yang diselenggarakan oleh Asuransi Sinar Mas tersebut,  pria yang akrab dipanggil dengan sebutan dr. Kristo ini menyampaikan materi mengenai statistik, gejala, dan pencegahan kanker serviks.  Tulisan ini akan membahas pesan-pesan kesehatan penting yang dr. Kristo sampaikan dalam presentasinya.

dr. Kristo berfoto bersama Ira WIbowo dan peserta talkshow

dr. Kristo berfoto bersama Ira WIbowo dan peserta talkshow

Kanker serviks, menurut dr. Kristo, adalah salah satu dari dua kanker pembunuh utama pada wanita. Menurut data riset Globocan, pada tahun 2012 saja ada lebih dari 500.000 jumlah kasus baru kanker serviks di dunia dengan 266.000 jumlah kematian yang disebabkan oleh kanker ini. Masih menurut data Globocan, pada tahun 2010 kanker serviks membunuh setidaknya 1 perempuan Indonesia setiap jamnya. Sekitar 70% dari jumlah kasus kanker serviks di dunia diketahui berasal dari negara berkembang. Ini dikarenakan kurangnya kesadaran dan informasi mengenai kanker serviks. Padahal ada cara-cara pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mencegah diri terjangkit penyakit itu.

 

Hampir Tidak Ada Gejala

Suasana talkshow Healthy Lifestyle Festival 2016

Suasana talkshow Healthy Lifestyle Festival 2016

Pada tahap awal terjangkit kanker serviks, hampir tidak ada gejala yang bisa dirasakan. Namun pada tingkat lanjut, kanker ini bisa menyebabkan sakit di punggung, penurunan berat badan drastis, hilangnya nafsu makan, bahkan hingga tidak bisa buang air kecil dan adanya pendarahan di kelamin.

Menurut dr. Kristo, langkah-langkah khusus deteksi dini bagi perempuan harus dilakukan segera meskipun tidak ada gejala yang dirasakan. Langkah-langkah tersebut adalah dengan melalui tes PAP SMEAR dan IVA. Tes ini untuk berperan untuk mendeteksi adanya pertumbuhan sel-sel abnormal pada kelamin anda sehingga langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan tepat.

Jika pada tes tersebut dideteksi pertumbuhan sel  kanker, maka terapi bisa segera dilakukan sebelum sel berkembang ke tingkat yang membahayakan. Namun jika tidak terdapat pertumbuhan sel kanker, maka cara terbaik adalah mengambil langkah pencegahan kanker serviks yang paling efektif yaitu dengan memvaksinasi diri anda.

 

Vaksinasi Kanker Serviks

Kanker serviks diakibatkan oleh virus yang bernama Human Papiloma Virus (HPV). Saat ini ada 2 jenis vaksin yang bisa anda dapatkan untuk mencegah diri anda diserang oleh virus ini. Vaksin pertama bernama Gardasil dan yang kedua bernama Cervarix. Kedua vaksin ini mampu mencegah serangan HPV dan mengurangi resiko terkena kanker serviks. Yang membedakan keduanya hanyalah, Gardasil bisa digunakan kepada laki-laki, sedangkan tidak demikian dengan Cervarix. HPV bisa menjangkit laki-laki dan menyebabkan penyakit kutil kelamin; Gardasil menanggulangi hal tersebut.

Info lebih lanjut mengenai kedua vaksin ini bisa anda dapatkan di situs In Harmony Clinic milik dr. Kristo, klinikvaksinasi.com atau dengan menghubungi nomor telepon 021-4220214. In Harmony Clinic melayani konsultasi dan pemberian vaksin yang cocok untuk anda. Jika bisa dicegah, kenapa tidak? In Harmony Clinic, We Choose to Prevent.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

4 − 4 =