Cegah Bahaya Hepatitis dengan Vaksin Hepatitis

Hepatitis a bSebelum membicarakan mengenai pencegahan Hepatitis, tahukah Anda apa itu Hepatitis? Hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai penyebab. Penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit berbahaya. Mengapa? Penyakit ini dapat merusak fungsi hati. Salah satu fungsi hati sebagai penyaring racun yang masuk ke organ tubuh. Penyakit peradangan hati ini sudah berada pada kondisi yang akut mampu berkembang menjadi kanker hati dan sirosis hati (penyusutan hati).

Gejala Hepatitis terkadang tidak selalu tampak, sehingga banyak yang tidak aware dengan penyakit satu ini. Tidak ada gejala dini, sehingga ketika sudah parah baru terlihat. Untuk mencegah dari bahaya Hepatitis—entah itu Hepatitis A, B, atau C—ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satu dengan vaksin Hepatitis.

Hepatitis A dan B adalah dua anggota “keluarga” Hepatitis yang cukup dekat dan disebabkan oleh infeksi virus. Walaupun, setiap virus Hepatitis berbeda, sebenarnya penyakitnya nyaris serupa. Hepatitis ditandai dengan peradangan hati dan dapat berakibat serius bahkan mengancam nyawa.

Vaksin Hepatitis

Center for Disease of Control (CDC) merekomendasikan anak dan orang dewasa mendapatkan vaksin Hepatitis. Vaksin Hepatitis A didapatkan oleh:

Anak-dosis pertama harus diberikan kepada anak yang berusia 24 bulan. Anak-anak yang berusia 2 tahun belum divaksinasi direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin. Bagi mereka yang berisiko terinfeksi virus hepatitis A, vaksin dapat diberikan setiap kali merasa perlu dilindungi atau beresiko infeksi . Untuk mereka yang sedang melakukan perjalanan ke daerah epidemik Hepatitis A mendapatkan vaksin Hepatitis A setidaknya satu bulan sebelum jadwal keberangkatan. Secara lengkap, informasi mengenai vaksin Hepatitis A yang lebih lengkap dapat Anda temukan pada tulisan ini: http://bit.ly/1VDiG5k.

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati atau liver. Seorang bayi diberikan 3 dosis vaksin hepatitis B: saat lahir, usia 1-2 bulan, dan usia 6-18. Setiap tahun sekitar 2.000 sampai 4.000 orang meninggal di Amerika Serikat dari sirosis karena kanker hati yang disebabkan oleh Hepatitis B. Semua orang dewasa yang tidak divaksinasi berisiko terinfeksi hepatitis B harus divaksinasi . Mereka termasuk :

  • Pasangan seks dari orang yang terinfeksi hepatitis B ,
  • Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki ,
  • Pengguna atau pecandu narkoba ,
  • Mereka yang memiliki lebih dari satu pasangan,
  • Mereka dengan riwayat penyakit hati kronis atau penyakit ginjal,
  • Penderita Diabetes di bawah usia 60 tahun,
  • Staf pekerja di fasilitas kesehatan,
  • Pasien dialisis ginjal,
  • Mereka yang melakukan perjalanan ke negara-negara di mana banyak terdapat hepatitis B,
  • Mereka yang terinfeksi HIV.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!