Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

image001Secara keseluruhan, sistem daya tahan tubuh (imun) kita melakukan tugas yang luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun ada kalanya sistem tersebut gagal, microba berhasil menembus pertahanan tubuh dan membuat kita akhirnya jatuh sakit.

Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem , bukan proses tunggal. Hal ini berarti daya tahan tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Lalu bisakah kita meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat? Jawabannya pasti bisa! Oleh karena itu, berikut beberapa tips sederhana guna mengoptimalkan fungsi daya tahan tubuh secara alami :

  • Tidur Yang Cukup

Kurang tidur berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan kualitas hidup secara umum. Ketika tidur malam, tubuh memiliki waktu untuk meregenerasi sel dan penyegaran untuk aktifitas keesokan harinya.

Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisik pun akan lebih rentan tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Dengan tidur yang cukup, tubuh pun akan mendapatkan kekuatannya kembali.

  • Hindari Rokok

Rokok merupakan salah satu kebiasan buruk yang dapat menyebakan daya tahan tubuh menurun. Entah Anda merokok rokok biasa atau rokok elektronik, tetap saja Anda masih terpapar nikotin yang dapat merugikan sistem kekebalan tubuh Anda. Ada ribuan racun yang ada di asap rokok yang dapat mempengaruhi sel-sel kekebalan dalam tubuh dan merusak fungsi mereka. Jika Anda seorang perokok dan sedang mencari cara untuk memperkuat daya tahan tubuh, maka Anda perlu berhenti merokok.

  • Kelola Stresimage002

Cuaca yang panas dan jalanan macet adalah salah satu hal yang dapat membuat kita stres berada di kota besar seperti Jakarta. Stres juga dapat berbahaya bagi kesehatan karena ketika sedang stress, otak akan memicu pelepasan hormon adreanalin dan kortisol. Adrenalin dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol dapat menaikkan gula darah. Selain itu, stres juga dapat merusak sistem imun alami tubuh yang dirancang untuk melindung tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

  • Banyak Makan Buah Dan Sayuran

Sediakan selalu buah-buahan dan sayuran segar di rumah, sehingga dapat kamu konsumsi setiap hari. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksida yang penting yang melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

  • Olahragaimage003

Berolahraga dapat membuat metabolisme dalam tubuh tinggi. Saat keringat bercucuran maka akan banyak racun tubuh yang dilepas. Selain itu, olahraga juga akan membuat tubuh segar dan bugar. Melakukan olahraga rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak juga akan bekerja lebih maksimal.

  • Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih adalah agen anti-mikroba alami dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, memasak bawang dapat membunuh senyawa-senyawa penting untuk mendukung daya tahan tubuh kita. Untuk itu lebih baik untuk menyajikannya secara mentah dan tambahkan pada hidangan sebelum disajikan. Bawang putih yang telah tua dipercaya lebih baik, karena proses penuaan alami akan meningkatkan level kandungan antioksidan bawang putih dan juga baunya tidak terlalu tajam.

  • Madu

Madu mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Rasanya yang manis juga sering dicampurkan ke dalam makanan atau minuman sebagai pemanis. Manfaat madu selain sebagai antibiotik juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain kandungan yang terdapat didalam madu yang sangat beragam, madu juga dapat mengatasi alergi, asma, dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengkonsumsi madu setiap hari dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah terserang penyakit. Jika Anda sehat maka aktifitas juga akan menyenangkan.

Hal-hal di atas sangatlah sederhana dan mudah diterapkan sehari-hari. Jadi untuk sehat, tidak perlu repot, karena banyak hal di sekitar kita yang dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selamat mencoba!

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

one + 20 =