Cara Hidup Sehat 2016

Cara hidup sehat adalah bagaimana cara kita untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dalam hal fisik tubuh. Melihat keadaan zaman sekarang, banyak orang yang kurang bisa menjaga kesehatannya karena kepadatan aktifitas sehari-hari. Banyak orang kehilangan waktu untuk makan atau sekedar mengistirahatkan badan. Kehidupan seperti ini sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Tubuh menjadi tidak mendapat asupan gizi dan istirahat yang cukup.

cara hidup sehat

Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih suplemen untuk mendompleng badan agar tetap fit. Bahkan ada juga yang menggunakan obat-obatan tertentu yang justru akan menimbulkan efek samping dikemudian hari. Penggunaan obat-obatan ini sebaiknya mulai Anda tinggalkan karena Anda dapat mencoba metode sederhana berikut ini :

  1. Olahraga Teratur

Kesehatan tak pernah lepas dari yang namanya olahraga. Olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih fit. Tak perlu harus berolahraga berat, cukup dengan membiasakan diri melakukan olahraga sederhana seperti lari jarak pendek, push up, atau senam kecil ketika waktu luang. Olahraga ini dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat sehingga Anda tidak perlu menggunakan zat kimia untuk melakukan hal tersebut.

  1. Bangun Di Pagi Hari

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Ini dikarenakan sinar matahari pagi akan memacu tubuh Anda untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D pada tubuh memiliki fungsi untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker, dan juga mencegah pengeroposan tulang sejak dini.

Jadi, bangun di pagi hari untuk menghirup udara pagi dan membuat tubuh Anda terkenar sinar matahari sangatlah bagus dan berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

cara hidup sehat
  1. Pilih Menu Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang seimbang antara serat, karbohidrat, dan proteinnya. Jadi kalau lapar jangan hanya mementingkan karbohidarat saja tetapi tubuh Anda juga memerlukan asupan gizi yang lain. Selain itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi Junk Food, selain karena tidak berimbang, Anda juga tidak bisa mengontrol asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

  1. Istirahat Yang Cukup

Kalau Anda sibuk di waktu siang, usahakan untuk tetap beristirahat cukup dimalam hari. Istirahat ini bisa dimulai dengan tidur yang cukup, minimal 7 jam. Jika Anda tidak bisa menjalani tidur selama 7 jam karena adanya gangguan tidur (insomnia), Sebaiknya Anda melakukan relaksasi, seperti minum teh hangat atau coklat panas, rebahan, atau mandi dengan air panas. Relaksasi ini bisa membantu Anda menenangkan pikiran dan Anda bisa tidur dengan mudah.

  1. Menerapkan Pola Hidup Bersih

Menjaga kondisi lingkungan sehari-hari adalah cara hidup sehat dan bersih. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, lingkungan yang bersih juga menimbulkan mood beraktivitas Anda.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara hidup sehat alami. Anda tidak perlu menambahkan apapun kedalam air putih. Cukup minum 8 gelas per hari dan ini akan membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda.

  1. Stop Merokok

Ini merupakan salah satu gaya hidup sehat yang sulit di lakukan bagi mereka yang menjadikan kebiasaan merokok sebagai kebutuhan. Tapi tahukah Anda, kandungan rokok sangatlah tidak bersahabat untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan merokok Anda mulai dari sekarang.

  1. Biasakan Tertawa Dan Tersenyum

Mulailah hari Anda dengan tertawa atau tersenyum. Karena aktivitas ini berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh itu sendiri. Anda dapat memulainya dengan sering bercanda dengan teman atau menonton berbagai acara komedi di televisi.

Nah, sekian dulu artikel mengenai cara hidup sehat berikut ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kesehatan tubuh Anda, baik untuk sekarang dan nanti ke depannya.

Author Info

No Comments

Post a Comment