Berikut 3 Resiko Yang Tidak Bisa Kamu Peroleh Jika Tidak Menghabiskan Antibiotik

image002Sakit merupakan salah satu keadaan yang paling tidak enak bagi setiap. Saat Anda sakit, Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik. Bahkan, adapula penyakit yang membuat Anda harus tidak beraktivitas demi tidak memperburuk kesehatan Anda.

Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Dokter sebagai ahli penyakit memeriksa kesehatan Anda. Mereka berusaha mencari sebab munculnya penyakit di dalam tubuh. Saat sudah ditemukan, Anda pun diberikan obat . Apabila penyakit Anda berkaitan dengan bakteri, dokter memberikan Anda antibiotic agar Anda bisa sembuh dan kembali beraktivitas normal.

Namun, tidak sedikit di antara kita suka tidak menghabiskan obat yang diberikan dokter. Padahal, dokter menyarankan agar kita mengonsumsi obat resep dokter hingga habis. Lalu, apakah dampak yang bisa muncul apabila kita tidak menghabiskan obat resep dokter?

  1. Penyakit Dapat Muncul Kembali

Antibiotik berguna untuk membunuh bakteri di dalam tubuh seseorang. Dokter sudah memperhitungkan dosis yang diperlukan agar bakteri di dalam tubuh dapat dibasmi dengan baik. Saat Anda tidak mengonsumsi antibiotic hingga habis, bakteri di dalam tubuh bisa kembali berkembang biak di dalam tubuh. Alhasil, penyakit tersebut dapat kembali mengganggu kesehatan Anda.

  1. Pengobatan Lebih Sulit

Tahukah kamu? Antibiotik itu bisa saja tidak menyembuhkan Anda. Hal itu terjadi karena bakteri bisa bermutasi  saat berada dalam tubuh. Ketika kita mengonsumsi antibiotic, zat yang terkandung di dalam antibiotic berusaha membasmi bakteri di dalam tubuh. Apabila kita tidak mengonsumsi antibiotic hingga habis, bakteri bisa saja masih tersisa di dalam tubuh. Saat berada di dalam tubuh, mereka bisa saja kembali berkembang biak dan bermutasi. Bakteri yang bermutasi bisa resisten dengan zat yang terkandung dalam antibiotic sehingga Anda akan lebih sulit saat pengobatan. Apabila sudah terjadi resisten, dokter pun akan memberikan antibiotic yang lebih kuat dengan dosis yang lebih tinggi. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan antibiotic pun benar-benar tidak bisa menyembuhkan Anda akibat bakteri yang sudah terlalu kuat di dalam tubuh.

  1. Kekebalan Tubuh Tidak Terbentuk Secara Optimal

Antibiotik berguna untuk membunuh bakteri di dalam tubuh. Apabila antibiotic tidak dihabiskan, bakteri di dalam tubuh dapat mengganggu kekebalan tubuh. Saat antibiotic tidak dihabiskan penderita, bakteri bisa kembali berkembang biak dan jauh lebih kuat. Kekebalan tubuh tetap akan lemah dalam menghadapi penyakit di masa depan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!