Benarkah Vaksin MMR Menyebabkan Autisme ?

Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan berperilaku. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

autism

Secara umum, gejala autisme terdeteksi pada usia awal perkembangan anak sebelum mencapai usia tiga tahun. Gejala dan tingkat keparahan autisme juga cenderung bervariasi pada tiap penyandangnya. Namun, gejala-gejala tersebut dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori utama, yaitu :

  1. Kategori pertama adalah gangguan interaksi sosial dan komunikasi. Gejala ini dapat meliputi masalah kepekaan terhadap lingkungan sosial dan gangguan penggunaan bahasa verbal maupun non verbal.
  2. Kategori kedua meliputi pola pikir, minat, dan perilaku yang terbatas serta bersifat pengulangan.

Terdapat contoh kasus yang terjadi di Amerika dan Inggris, seorang anak yang baru mendapatkan vaksin MMR mengalami penurunan dalam kemampuan berkomunikasi dan perubahan perilaku. Kedua gejala ini merupakan gejala dari penyakit autisme.

Namun perlu diingat! Hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa vaksin MMR dapat menyebabkan autisme. Akan tetapi, penelitian tentang keterkaitan vaksin MMR dan autisme masih terus dilakukan. Penyebab autisme sendiri hingga kini masih belum diketahui, tapi autisme sangat terkait dengan faktor genetik dan lingkungan.

Orang tua dianjurkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kandungan vaksin MMR dan juga pentingnya vaksin tersebut. Perlu diketahui, vaksin ini bisa mencegah anak mengalami kondisi serius, yang bahkan dapat mengancam jiwa. Kita harus berperan aktif dalam mencari tahu dan memberikan informasi tentang riwayat kesehatan anak dan juga orang tua kepada dokter anak kita, terutama tentang penyakit autoimun dan saraf.

vaksin mmr

Vaksin MMR bertujuan untuk melindungi tubuh dari beragam virus yang dapat menyebabkan penyakit. Namun, beragam kontroversi atau kasus yang muncul di permukaan terkadang dapat membuat kita ragu. Namun yang terpenting, kita harus mempertimbangkan pula manfaat luar biasa dari vaksinasi untuk anak-anak. Penelitian tentang kaitan vaksin MMR dan autisme juga masih terus dilakukan, jadi orang tua harus tetap aktif bertanya dan mencari informasi terbaru dari dokter yang terpercaya.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

twelve − 1 =