Bekali Anak Dengan Vaksinasi BCG

Salah satu vaksinasi dasar yang harus diberikan pada bayi adalah vaksinasi BCG. BCG sendiri merupakan singkatan dari Bacillis Calmette-Guérin. Vaksinasi ini berguna untuk melindungi bayi dari risiko terserang infeksi tuberkulosis (TBC).

vaksinasi BCG

Vaksin BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis yang sebelumnya sudah dilemahkan sehingga tidak akan menimbulkan penyakit pada penerima vaksin ini. Di Indonesia umumnya pemberian vaksinasi BCG pada bayi dilakukan saat baru lahir, hingga paling optimal saat bayi berusia 2 bulan. Untuk bayi yang diberikan vaksinasi setelah usia 3 bulan, sebelumnya harus dilakukan tes tuberkulin terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan risiko peradangan lokal dan terjadinya bekas luka yang cukup tinggi, serta kemungkinan terjangkitnya tuberkulosis secara aktif.

Untuk dosis vaksinasi BCG yang akan diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun adalah sebanyak 0,05 ml. Biasanya, penyuntikan vaksin akan dilakukan pada lengan bagian kiri atas. Selanjutnya, lengan yang telah divaksinasi BCG tersebut tidak boleh diberikan vaksinasi lain minimal dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan.

Setelah bayi menerima imunisasi BCG, orang tua tidak perlu merasa panik jika tiba-tiba muncul luka seperti melepuh pada area yang disuntik. Tak jarang juga timbul rasa sakit serta lebam selama beberapa hari. Kemudian setelah 2-6 minggu, titik suntikan akan membesar hingga berdiameter 7 mm dan mengeras. Kondisi ini terjadi karena cairan yang berada di permukaan bekas suntikan mengering dan mengalami pengerasan, sehingga menimbulkan bekas luka yang kecil. Umumnya, luka ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Namun ada pula sebagian orang yang mengalami bekas luka yang lebih erat.

Tuberkulosis bukanlah jenis penyakit yang bisa Anda sepelekan. Gejala tuberkulosis sangat mengganggu kualitas hidup seseorang. Gejala-gejala tersebut diantaranya adalah demam, menggigil, keringat dingin, kehilangan nafsu makan, berat badan turun, dan lesu. Tentunya gejala-gejala ini bisa jadi bercokol cukup lama dalam tubuh – dan bisa berakibat fatal- tergantung pada tindakan yang diberikan Terlebih penyakit ini bisa ditularkan dengan sangat mudah, Maka itu, sangat penting bagi orang tua untuk dapat menjamin kesehatan buah hatinya dengan memberikan vaksinasi BCG di usia yang tepat.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

five × 3 =