Bahaya Virus Influenza Pada Manusia

Bahaya Virus Influenza Pada Manusia

virus influenza

Virus influenza bukan hanya bisa menyerang manusia saja. Pada kenyataannya, virus ini juga bisa menyerang hewan. Yang perlu diwaspadai ialah bahwa flu dari hewan bisa menular kepada manusia.

Beberapa tahun lalu, Indonesia dan negara lain sempat gempar akibat serangan virus flu burung. Jenis penyakit ini bisa mengakibatkan kematian. Maka dari itulah, Anda perlu tahu bahaya dari penyakit flu pada hewan dan bagaimana virus ini ditularkan kepada manusia.

Hewan-hewan dengan Virus Influenza

Waspadai mungkin hewan peliharaan Anda dirumah terkena flu. Jika itu yang terjadi, maka segera periksakan ke klinik hewan. Dapatkan vaksin segera untuk hewan peliharaan. Dengan demikian, maka Anda turut melindungi diri sendiri dan keluarga dari penularannya ke manusia. Namun jangan hanya hewan peliharaan, Anda pun harus mendapatkan vaksin influenza karena virusnya bisa jadi datang dari mana saja.

Beberapa hewan inilah yang beresiko membawa virus influenza dan menularkannya kepada manusia:

  • Unggas

Flu burung bisa menyerang semua jenis unggas, termasuk burung dan ayam. Virus ini dikenal dengan H5N1 dan bisa menyebabkan kematian dalam waktu singat.

Pemeliharaan yang benar ialah dengan membersihkan kandang dengan teratur. Lakukan pula vaksinasi untuk mencegahnya terkena flu.

  • Babi

Virus flu babi sangat mudah tertular kepada manusia. Beberapa negara sempat heboh akibat serangan virus ini. Salah satunya ialah Meksiko

  • Kuda

Flu pada kuda bisa tertular kepada manusia. Jenis virus influenza ini adalah tipe A. gejalanya hampir sama pada manusia, yaitu batuk, bersin, dan hidung pilek.

  • Anjing

Virus flu pada anjing bisa menyebabkan serangan pada sitem pernapasan. Jenis virusnya ialah H3N8.

Penularan Virus Influenza dari Hewan ke Manusia

Memiliki hewan peliharaan yang terkena virus flu bisa rentan menular ke manusia. Penularannya bisa lewat kontak langsung dengan hewan tersebut.

Maka, jika ada hewan yang sakit, perlu segera meng-karantina atau mengirimnya ke dokter hewan. Jika binatang tersebut mati, jangan lakukan pula kontak fisik langsung, karena virus influenza masih bisa menular ke manusia bahkan setelah hewan pembawanya mati. Virus ini sangat kecil dan salah satu sifatnya adalah airborne, artinya virus mampu bertahan cukup lama di udara sebelum akhirnya menular pada inang barunya

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

three × 5 =

×
Hallo