BAGAIMANA MENGHINDARI FLU DI TEMPAT KERJA?

tempat kerja

Kedinginan, badan terasa tidak enak, dan kedinginan merupakan salah satu gejala Anda sedang diserang oleh virus flu. Flu dapat membuat sebuah perusahaan kehilangan produktivitas. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), flu dapat menyebabkan penderitanya dirawat inap. Selain itu, komplikasi terparahnya berakhir dengan kematian. Data WHO menunjukkan angka kematian yang disebabkan oleh flu cukup besar: 250 ribu-500 ribu jiwa.

Tentu saja jika Anda mendapatkan penyakit flu, Anda harus terpaksa istirahat di rumah untuk menghindari penyakit ini menyebar secara luas. Selain membuat pekerjaan terbelangkalai, flu juga merugikan bagi perusahaan Anda. Bagaimana menghindari flu di tengah kesibukan Anda sebagai karyawan? klinikvaksinasi.com memiliki kiat-kiat sederhana yang dapat menyelamatkan Anda dna keluarga Anda.

Jangan Lupa Mencuci Tangan

Meskipun jika Anda merasa badan dalam keadaan kuat, tidak ada salahnya mencuci tangan sebelum menyentuh wajah Anda. Wayne LaMorte, MD, professor Ilmu Epidemi di Boston University School of Public Health menilai mencuci tangan sangatlah efektif untuk mencegah kuman memasuki hidung, mata, atau mulut Anda. Sebuah studi di Univeristy of Michigan menemukan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi potensi penularan flu hingga 20%. Kuncinya agar Anda tidak terinfeksi virus influenza adalah menjaga kebersihan. Hal-hal sederhana seperti mencuci tangan dapat menghindarkan Anda dari komplikasi flu.

Mengenali Gejala Flu

Flu, seperti penyakit lain, bisa diderita oleh siapa saja tanpa mengenal kelas, jenis kelamin, dan usia. Namun mereka yang memiliki keadaan tertentu seperti wanita hamil misalnya memiliki risiko empat kali lebih besar terinfeksi virus flu. Begitu juga dengan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang buruk seperti penderita diabetes, asma, dan memiliki penyakit jantung atau ginjal. Kelompok khusus ini berpotensi menghadapi komplikasi flu. Bagaimana dengan Anda yang masih sehat atau sedang tidak hamil? Anda tidak boleh lengah, Anda harus berwaspada dengan komplikasi yang disebabkan oleh flu. Anda perlu mengetahui apa saja gejala flu agar Anda dapat mengantisipasi jika Anda mengalami salah satu gejala flu. Gejala flu meliputi seperti demam , tenggorokan sore, batuk , pilek , bersin, nyeri otot, kelelahan / kelelahan, dan dalam beberapa kasus , diare , sakit kepala , dan leher kaku.

Sediakan Tisu dan Pencuci Tangan

Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di kantor, lebih mudah untuk menggunakan pencuci tangan (hand sanitizer) yang berbasis 60% alkohol. Meskipun Di tempat kerja akan lebih mudah untuk menggunakan tangan berbasis alkohol pembersih yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol .Selain itu, Anda juga dapat memilih hand-sanitizer yang berbentuk gel atau tissue, mereka dapat secara langsung menurunkan jumlah kuman. Flu juga dapat dicegah dengan menerapkan etika menutup mulut saat Anda bersin. Bukan hanya tidak sopan untuk bersin tanpa menutup mulut tapi juga mencegah menularkan penyakit kepada rekan sekantor Anda.

Sedang Flu? Jaga Jarak

Anda tidak perlu menyentuh atau berada di kontak dekat dengan seseorang yang sedang menderita flu. Mereka yang menderita flu dapat menyebar penyakit mereka kepada orang lain hingga 180 cm. Jika Anda melihat rekan kerja batuk , bersin, atau menunjukan gejala flu lainnya, Anda harus menjaga jarak. Jika rekan kerja Anda sedang sakit, sarankan mereka untuk tinggal di rumah sehingga flu yang sedang mereka derita tidak akan menular dan berpotensi mewabah di area kantor. Mereka yang sedang sakit harus tetap di rumah hingga mereka merasa sudah bebas demam minimal selama 24 jam terakhir.

Vaksinasi? Siapa takut?

Banyak ahli kesehatan merekomendasikan mendapatkan vaksinasi flu setahun sekali. Robert Belshe, MD, professor di bidang pediatric dan obat-obatan sekaligus direkur pusat vaksinasi di Saint Louis University School of Medicine berpendapat bahwa sering mencuci tangan tidak menjamin Anda akan terhindar dari komplikasi flu. Virus influenza juga bisa menyebar melalui udara dengan cepat, penggunaan masker dan mencuci tangan tidak dapat sepenuhnya membantu. Vaksinasi tidak hanya dapat memberikan ketahanan tubuh agar tidak terinfeksi virus flu, namun juga dapat mencegah penularan virus flu. Vaksin tidak hanya dilakukan untuk kebutuhan Anda sendiri namun juga untuk melindungi keluarga Anda dan orang terdekat Anda. Vaksin flu bisa diberikan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Vaksin flu direkomendasikan untuk diberikan minimal setahun sekali.

Author Info

No Comments

Post a Comment

2 × three =