Apakah Virus Termasuk Makhluk Hidup?

Apakah Virus Termasuk Makhluk Hidup?

virus 3

Banyak yang masih memperdebatkan apakah virus termasuk makhluk hidup? Kenapa demikian? Karena mikroba yang satu ini tidak bisa bereproduksi sendiri tanpa sel inang. Jadi, sangat tergantung pada sel mahluk hdup yang mereka invasi.

Saat mereka sudah menginvasi suatu sel organ tubuh, maka mereka bisa menguasainya. Maka dari itulah, jika terapi atau pengobatan dilakukan untuk membunuh sel tersebut maka sel tubuh manusia yang sehat pun bisa ikut rusak. Itulah mengapa penyembuhan terhadap penyakit akibat infeksi ini masih sulit dilakukan.

Virus, jika berada di lingkungan luar mereka akan lebih cepat mati dan tidak bisa bereproduksi. Hal ini tentu berbeda dengan bakteri.  Maka ada yang meragukan apakah virus termasuk makhluk hidup atau bukan.

Fakta Seputar Virus

Virus merupakan penyebab penyakit mematikan bagi manusia. Karena bahayanya bisa menyebar dan bahkan bisa menjadi wabah ynag membunuh dengan cepat. Karena itulah, penularan penyakit ini sangat berbahaya.

Saat ini, di banyak negara, pencegahan terhadap infeksi ini lebih diutamakan, mengingat pengobatannya belum juga ditemukan.

Fakta tentang virus apakah termasuk makhluk hidup atau bukan masih banyak diperdebatkan. Nyataya, penyebarannya bisa begitu cepat dengan reproduksi yang sangat cepat pula.  Uniknya, mikroba yang ukurannya sangat kecil ini mampu mengendalikan sel inangnya dan tidak pelru mengkosumsi energi untuk bisa bertahan hidup.

Ada pula yang mengatakan bahwa virus itu adalah organisme subselular yang memiliki duafase kehidupan. Yang pertama ialah fase pemencaran yakni saat mereka menginfeksi sel induk. Pada saat itulah mereka mengambil alih sel induk termasuk metabolismenya dan bereproduksi sebanyak-banyaknya.

Pencegahan Terhadap Virus

Terlepas virus itu mahkluk hidup atau bukan, namun pencegahan penularannya wajib dilakukan. Selain dengan menjaga kebersihan, maka vaksinasi wajib dilakukan.

Kkhsusnya bagi anak-anak dengan daya tahan tubuh yang masih rendah lakukan vaksinasi sesuai saran pemerintah. Bagi orang dewasa, vaksinasi juga bisa dilakakaan. Beberapa penyakit bisa ditangkal dengan vaksin. Kunjungi klinik, dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan vaksinasi yang terbaik.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

three × three =

×
Hallo