Apa Itu Olahraga Kardio?

Cardio 1Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang meningkatkan denyut jantung. Sudah kita ketahui bahwa untuk melatih otot agar tetap bugar dan kuat kita harus sering menggerakannya. Sebagai contoh, olahraga angkat beban seperti push up memaksa kita menggerakan otot trisep dan dada. Hasilnya, push up yang rutin akan membuat otot-otot tersebut terlatih dan sehat. Kembali ke jantung, sama halnya dengan trisep dan otot dada, jantung adalah otot dan olahraga kardio membantu jantung menjadi semakin kuat. Kardio atau Cardio sendiri adalah kependekan dari Cardiovascular yang berarti segala hal yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Latihan kardio jika dilakukan dengan rutin akan membantu anda merasa lebih segar secara keseluruhan. Pasalnya, sistem cardiovascular yang kuat berarti lebih lancar distribusi oksigen ke dalam sel-sel di tubuh dan otot yang lainnya. Ini memungkinkan sel-sel untuk membakar lebih banyak lemak baik dalam berolahraga maupun saat tubuh berada dalam kondisi santai.

Olahraga kardio adalah jenis latihan yang menggunakan gerakan otot-otot besar untuk berlatih selama jangka waktu tertentu untuk meningkatkan denyut jantung setidaknya lebih tinggi 50% dari biasanya. Kondisi ini bisa diraih dengan olahraga-olahraga seperti berjalan kaki dengan tempo cepat, berlari, mengendarai sepeda, berenang, mendayung, serta olahraga atau senam aerobic. Jika anda ingin meraih hasil maksimal, lakukanlah 3 kali olahraga kardio dalam seminggu masing-masing minimal selama 30 menit.

Cardio 2Selain melatih jantung dan memperkuat sistem pembuluh darah, latihan kardio juga membantu anda menurunkan berat badan. Ini karena latihan kardio ikut andil dalam pembakaran lemak. Tentu saja ini harus diimbangi dengan makan-makanan yang bergizi karena turunnya berat badan karena jumlah kalori yang dibakar lebih tinggi daripada jumlah asupan kalori. Jangan khawatir jika setelah melakukan latihan kardio berat badan anda turun hanya sedikit. Ini karena latihan kardio memberikan efek baik lebih banyak pada tubuh seperti yang sudah diterangkan di atas; tidak sekedar menurunkan berat badan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

3 × three =