Apa Itu Kanker Serviks?

Apa Itu Kanker Serviks?

Kanker memang suatu penyakit yang sampai saat ini masih menjadi salah satu pembunuh paling ganas di dunia. Kanker yang paling banyak memakan korban wanita adalah kanker serviks. Sampai sekarang masih banyak wanita yang takut akan kemungkinan mereka terkena penyakit yang berasal dari virus HPV tersebut.

wabah virus paling besar

Mengenal Kanker Serviks

Sebelum membahas lebih jauh tentang kanker serviks ini, akan lebih baik jika kita membahas tentang kanker serviks secara umum. Apa itu kanker serviks? Kanker serviks terjadi ketika sel abnormal tidak terkontrol dalam leher rahim atau serviks anda. Hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi HPV (Human Pappilomavirus) yang mana menyerang leher rahim. Ketika wanita terinfeksi virus ini, kemungkinan wanita ini tidak langsung menderita kanker serviks. Sistem kekebalan tubuh yang mana dimiliki tiap manusia berusaha untuk melawan virus ini.

Akan tetapi, virus HPV bisa bertahan selama bertahun-tahun di dalam tubuh wanita, berkembang lalu yang terakhir akhirnya menyebabkan sel-sel yang ada di dinding serviks berubah jadi sel kanker. Maka dari itu, anda lalu kemudian menderita kanker serviks. Penyebab dari Kanker Serviks sendiri infeksi virus HPV. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV dan 13 jenis di antaranya bisa menyebabkan kanker serviks. Anda dapat terinfeksi virus ini lewat melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang mempunyai virus HPV. Virus HPV lah penyebab kanker serviks bakal menginfeksi sel-sel sehat yang mana ada pada dinding rahmi. Jadi bisa dikatakan sel sehat mengalami perubahan genetik jadi sel-sel abnormal. Sel-sel yang sehat akhirnya mati juga dan akhirnya digantikan dengan sel abnormal yang mana tumbuh tidak terkendali. Sel abnormal yang saat itu tumbuh lalu membentuk suatu massa besar yang mana disebut dengan tumor.

Jadi, wanita yang mana di dalam tubuhnya ada virus HPV mungkin saja bisa mengalami gejala kanker serviks namun bisa juga tak mengembangkan kanker serviks. Infeksi virus HPV ini bisa hilang dengan sendirinya. Semoga saja anda bukan termasuk yang menderita kanker serviks.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

1 × two =

×
Hallo