Antibiotik Jangan Minum Sembarangan

Antibiotik Jangan Minum Sembarangan

bahaya antibiotik

Minum antibiotik adalalah salah satu cara untuk penyembuhan penyakit. Namun obat ini bukan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit akibat virus, melainkan bakteri.

Dalam konsumsinya harus diketahui bahwa obat ini harus diminum sesuai dengan resep dokter. Keseringan minum antibiotik bisa menyebabkan bahaya. Apalagi saat ini obat ini bisa dibeli dengan bebas di apotek tanpa resep dokter.

Makadari itulah, penggunaannya harus tepat dan bijaksana. Khususnya bagi penyakit akibat bakteri. Obat ini cukup efektif, seperti nyeri, bengkak, kemerahan, atau infeksi sekitar sendi.

Bahaya Keseringan Minum Antibiotik

Meskipun direkomendasikan bagi penyakit tertenu, namun obat ini tidak untuk semua penyakit. Apalagi penyakit akibat virus. Obat ini tidak direkomendasikan karena hanya akan sia-siad an tidak memberikan kesembuhan. Inilah beberapa penyakit yang tidak efektif jika mengkonsumsi antibiotik, seperti: alergi, radang, dan juga penyakit lain akibat virus.

Obat ini juga tidak disarankan pada kondisi tertentu. Misalnya saat hasil lab menunjukkan flora normal.  Jadi, diagnosis dokter dari awal sangat menentukan pemilihan obat ini, apakah perlu dikonsumsi atau tidak.

Jika masih ragu apakah penyakit disebabkan  bakteri atau tidak, maka akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan lab. Pasalnya, sejumlah penyakit seperti demam dan gangguan pernapasan bisa jadi dipicu oleh virus maupun bakteri. Jika memberikan obat sudah tepat dari awal, maka penyembuhan akan lebih cepat dan efektif.

Kondisi kesehatan tertentu juga tidak disarankan minum antibiotik. Misalnya penderita gangguan ginjal dan saraf pendengaran.  Jenis obat tertentu bisa  bersifat toksik atau racun pada penderita ginjal dan jenis penyakit lainnya.

Keseringan konsumsi obat ini juga bisa membuat bakteri resisten terhadap obat. Selanjutnya, penyakit akan lebih sulit disembuhkan. Maka, tetaplah konsumsi sesuai resep dokter yang disarankan untuk penyembuhan yang tepat.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

three × three =

×
Hallo