Ancaman Beberapa Penyakit Menular

Penyakit menular merupakan penyakit yang dapat menular dari orang yang sudah terkena penyakit ke orang lain yang masih sehat. Penularan penyakit ini bisa menular karena beberapa sebab, tergantung dari sifat bakteri atau virus yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, penyakit-penyakit ini dapat terjadi melalui perantara ataupun secara langsung. Sifat dari penyakit menular sendiri biasanya akut, berdurasi pendek, dan disebabkan oleh patogen.

Berikut beberapa macam penyakit menular yang dapat mengancam Anda :

  • Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Tidak seperti nyamuk-nyamuk yang pada umumnya mencari makan di malam hari, Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus umumnya menggigit di pagi hari sampai sore hari menjelang petang.

Demam Berdarah

Jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus sering ditemukan pada air yang tidak mengalir seperti pada kolam, waduk, atau pada ember dan bak kamar mandi di rumah kita.

Demam berdarah dapat dicegah dengan pemberian vaksin Dengue. Vaksin ini diberikan pada anak usia 9-16 tahun sebanyak tiga kali dengan jarak enam bulan.

  • Influenza

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Masa inkubasi virus flu cukup singkat. Seseorang akan menderita gejala flu dalam waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa dimana flu paling menular adalah di hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya.

Influenza

Selain rajin menjaga kebersihan, melakukan vaksinasi flu juga efektif untuk mencegah penularan flu. Vaksin influenza mengandung virus tidak aktif dan diberikan dengan cara disuntikkan ke otot (intramuskular).

Pemberian vaksin ini direkomendasikan bagi :

  • Semua orang yang berusia 65 tahun atau lebih.
  • Anak-anak dan dewasa dengan penyakit menahun, seperti asma, diabetes, penyakit ginjal, dan anak dengan daya tahan tubuh lemah.
  • Orang yang sering terpapar virus influenza, misalnya tenaga kesehatan, orang yang tinggal serumah dengan penderita, serta pengasuh anak yang berusia 6-23 bulan.
  • Imunisasi influenza juga diberikan kepada anak yang sehat berusia 6-23 bulan.

Meskipun berbahaya karena bisa mudah menular, penyakit-penyakit ini bisa dicegah. Vaksin demam berdarah baru masuk ke Indonesia pada paruh akhir tahun 2016. Sedangkan vaksin influenza sudah lama berada di sini. Kedua vaksin tersebut bisa didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

1 + twelve =