9 Jenis Makanan Penyebab Kanker

image001Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Jenis penyakit ini bermacam-macam dan dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia. Pada umumnya, penyakit kanker timbul karena faktor genetik dan lingkungan. Jika Anda tidak memiliki riwayat tentang penyakit ini, bukan berati Anda aman dan tidak mungkin terserang penyakit kanker.

Banyak penderita kanker yang terserang karena faktor lingkungan. Yang termasuk dalam faktor lingkungan paling dominan adalah pola makan. Sudah sewajibnya Anda mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesehatan dan yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker :

  1. Olahan Dari Daging

Jenis makanan olahan dari daging seperti sosis, nugget, hot dog, dan burger merupakan jenis makanan yang kurang baik untuk kesehatan kita, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan bahan kimia sebagai pengawet olahan daging agar menjadi segar ini ternyata dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Seperti kandungan natrium nitrat dan natrium nitrit di dalamnya dapat memicu, bahkan meningkatkan penyakit kanker usus besar.

  1. Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda tentunya banyak mengandung gula di dalamnya. Selain itu, minuman jenis ini mengandung bahan kimia berupa pemanis, perasa, dan perwarna. Bahan kimia tersebutlah yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker karena bahan-bahan kimia tersebut dapat mengasamkan tubuh.

  1. Saus Tomat Kemasan Kaleng

Sebagian besar saus tomat mengandung bahan kimia. Salah satunya yang sering dikenal dengan Bisphenol-A atau BPA. Bahan kimia tersebut jika bersarang di tubuh dapat menjadi racun bagi tubuh Anda, serta berpotensi mempercepat pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Buah Dan Sayur Yang Tidak Dicuci

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa buah dan sayur yang kita beli, bagian kulitnya mengandung pestisida. Bahan tersebut sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh Anda. Ini dikarenakan, pestisida dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Oleh karena itu, jangan lupa sebelum mengonsumsi buah dan sayur, Anda harus mencucinya terlebih dahulu.

  1. Olahan Makanan Yang Dibakarimage002

Terdapat berbagai macam makanan yang diolah dengan cara dibakar, seperti ayam bakar, cumi bakar, gurame bakar, sate, dan lainnya. Saat proses pembakaran, makanan tersebut cenderung menggunakan arang. Zat arang yang menempel pada makanan yang dibakar inilah yang ternyata dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

  1. Makanan Diet Kemasan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, berhati-hatilah mengonsumsi makanan diet kemasan. Makanan diet yang disertai pengawet ini mengandung sukralosa, sakarin, dan pemanis buatan yang dikaitkan dapat menyebabkan kanker.

  1. Kentang Goreng Dan Keripik Kentang

Kentang goreng/french fries serta keripik kentang ternyata di dalamnya mengandung zat karsinogenik yang terbentuk karena makanan ini diproses pada suhu tinggi saat dipanggang atau digoreng. Zat karsinogenik ini diprediksi mampu meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

  1. Daging Merahimage003

Daging merah memang baik untuk kesehatan. Namun konsumsinya juga perlu diperhatikan. Karena ternyata konsumsi daging merah yang berlebihan dapat memicu perkembangan kanker kolorektal atau usus besar.

  1. Minyak Terhidrogenasi

Jenis minyak ini cenderung mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Lemak trans ini juga dapat memicu perkembangan kanker yang berbahaya.

Demikian makanan-makanan berbahaya yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!