6 Fakta Penting Mengenai Demam Kuning

1yellowfever-2

Demam kuning memang belum se-populer virus-virus lain di Indonesia tapi penyakit ini layak mendapatkan perhatian, terutama bagi yang ingin mengunjungi negara-negara di benua Amerika Latin dan Afrika. Demam kuning atau yang popular di luar negeri dengan sebutan Yellow Jack diduga berasal dari Afrika, kemudian “diperkenalkan” ke Benua Amerika melalui perdagangan budak. Sejak abad ke-17, beberapa epidemi besar menandakan kemunculan penyakit ini seperti negara-negara Amerika, Afrika dan Eropa.   Lalu apakah sebenarnya Demam Kuning? Mengapa penyakit ini dapat menimbulkan epidemik? Berikut enam fakta mengenai Demam Kuning?

Apakah itu demam kuning?

Demam kuning merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh flavivirus , ditularkan melalui gigitan  nyamuk yang terinfeksi virus (terutama oleh  nyamuk aedes aegypti, tetapi dapat pula oleh spesies lain) ke inang atau perantara dalam hal ini adalah manusia dan primata (monyet).

Apa saja tanda-tanda seseorang terjangkit demam kuning?

Tanda-tanda Anda terjangkit virus demam kuning terjadi berupa demam, mual dan nyeri dan penyakit ini umumnya menghilang setelah beberapa hari. Pada beberapa pasien, fase beracunnya terjadi setelah itu, dan kerusakan hati dengan jaundis (penguningan kulit yang memberi nama penyakit ini) dapat terjadi.

Bagaimana virus ini menular kepada manusia?

Virus ini ditularkan oleh gigitan nyamuk (nyamuk demam kuning,”Aedes aegypti”, dan spesies lainnya) dan ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Afrika, tetapi tidak di Asia.

Apakah penyakit ini bisa mengakibatkan kematian?

Ya, demam kuning bisa menyebabkan kematian . Selain itu, penaykit ini juga dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal dan juga mengakibatkan kecenderungan pendarahan yang meningkat (diatesis pendarahan)

Ada 3 tipe penularan Yellow Fever. Apa saja itu?

Ada tiga tipe penularan yellow fever yaitu tipe sylvatic yellow fever, demam kuning intermediet, dan demam kuning urban (urban yellow fever). Tipe sylvatic  (jungle yellow fever) terdapat pada hutan hujan tropis dan terjadi saat nyamuk menggigit monyet terinfeksi virus yellow fever. Setelah terinfeksi, nyamuk akan menggigit monyet lain, namun dalam kasus tertentu, nyamuk ini bisa juga menggigit manusialain terutama  yang memasuki hutan. Tipe intermediet hanya ditemukan di padang gurun  Afrika. Infeksi bisa terjadi pada monyet dan perantara  manusia yang tinggal atau bekerja di daerah perbatasan hutan. Dalam tahap ini, virus dapat ditularkan dari monyet ke manusia atau dari manusia ke manusia melalui nyamuk. Ini adalah jenis yang paling umum dari wabah di Afrika. Tipe demam kuning urban (urban yellow fever). Siklus perkotaan (urban) ini melibatkan penularan virus antar manusia melalui nyamuk, terutama aedes aegypti. Jenis transmisi ini sangat rentan karena mampu menyebabkan epidemi penyakit demam kuning dalam area yang lebih luas.

Apakah vaksin demam kuning disarankan?

Vaksin merupakan cara teraman dan efektif mencegah Anda terjangkit demam kuning terutama Anda yang ingin melakukan travelling ke negara-negara di Benua Afrika dan Amerika Latin. Sejak  pertengahan abad ke-20 dan beberapa negara mengharuskan vaksinasi untuk pelancong. Program vaksinasi ini diikuti bersama peraturan mengurangi populasi nyamuk pengangkut virus, memiliki kepentingan besar di daerah-daerah terjangkit. Mengingat demam kuning lebih banyak terjadi di daerah luar Asia terutama Indonesia, vaksin demma kuning dianjurkan bagi mereka yang ingin travelling ke daerah Amerika Selatan.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!