6 Cara Pencegahan Tuberkulosis

6 Cara Pencegahan Tuberkulosis

Penyakit akibat serangan virus maupun bakteri sangat mudah untuk menular. Utamanya TB yang bisa menular lewat udara maupun kontak langsung dengan penderita. Karena hal inilah, kita harus melindungi keluarga tercinta dari TB. Caranya dengan menerapkan cara pencegahan Tuberkulosis

tbc

Inilah Cara Pencegahan Tuberkulosis Yang Ampuh

1. Tidak melakukan kontak langsung dengan pasien

TB sangat mduah menular. Pasien yang batuk atau bersin bisa membuat TB menular lewat udara. Maka menjaga jarak ketika berbicara dengan penderita sangat disarankan. Khususnya bagi pasien yang belum menjalani pengobatan TB.

2. Tidak menggunakan alat makan yang sama dengan pasien TB

Air liur yang tertinggal pada alat makan bisa menjadi media penularan TB. Maka, usahakan untuk tidak bergantian alat makan dengan pasien TB.

3. Memakai masker

Pencegahan Tuberkulosis lain yang mudah ialah dengan memakai masker. Khususnya saat kontak langsung dengan pasien.

4. Menjaga kebugaran tubuh dengan makan bergizi

Makanan kaya nutrisi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, virus TB tak akan mudah menular. Bukan hanya melindungi dari TB, namun juga mampu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri lainnya.

5. Memastikan adanya sirkulasi udara di rumah

Menjaga agar sirkulasi udara di rumah tetap baik adalah cara pencegahan Tuberkulosis yang efektif. Usahakan untuk sering membuka pintu maupun jendela. Hal ini memungkinkan udara segar dan sinar matahari bisa masuk ke rumah.

6. Tidak tidur dengan penderita TB

Usahakan untuk tidak tidur sekamar dengan penderita TB. Setidaknya selama beberapa minggu setelah penderita menajalani serangkaian pengobatan medis. Meskipun terlihat sepele, namun langkah ini bisa meminilmalisir resiko penularan virus TB.

Pencegahan Tuberkulosis Dengan Imunisasi

Mencegah terjadinya TBC bisa dilkakukan pula dengan menjaga sistem imun tubuh. Pada bayi, jangan lewatkan jadwal imunisasi BCG. Jenis imunisasi ini bisa jadi pencegahan Tuberkulosis yang efektif.

Tindakan pencegahan di atas bisa membuat tubuh menciptakan antibody yang kuat terhadap penyakit TB. Sehingga suatu saat jika TB menyerang, tubuh mampu melawan serangan virus dan mematikannya.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

five + eighteen =

×
Hallo