5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

image001Sehat itu mahal harganya. Itulah ungkapan yang seringkali terdengar ketika membahas seseorang yang mengidap sebuah penyakit. Ungkapan ini memang benar, karena jika dilihat dari sisi materi, proses penyembuhan maupun konsumsi obat cukup menguras uang kita.

Jika kita ingin membandingkan, mencegah timbulnya sebuah penyakit dengan meluangkan sedikit waktu kita dengan aktifitas positif yang menyehatkan atau membeli obat secara berkala untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Apa pilihan Anda?

Selain dari sisi materi, sehat dikatakan mahal karena hal ini langsung berpengaruh dengan aktifitas sehari-hari kita. Jika kita senantiasa sehat, maka kita dapat melakukan rutinitas aktifitas sehari-hari seperti sekolah, pekerjaan, urusan keluarga, dan sebagainya dengan maksimal. Sebaliknya jika kita sakit, secara langsung dapat menghambat kegiatan sehari-hari kita sehingga tidak berjalan dengan maksimal.

Hidup sehat selalu menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak sedikit pula orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan bahkan melakukan kegiatan yang berakibat buruk untuk tubuh.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips menjaga kesehatan tubuh secara alami yang dapat membantu Anda memahami pentingnya kesehatan.

  1. Berpikir Positifimage002

Stres merupakan pemicu berbagai macam penyakit, seperti darah tinggi, depresi, dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda memiliki sebuah masalah, maka berpikirlah positif dan mencari jalan keluarnya sehingga tidak membuat Anda stres. Berpikir tenang dan positif serta sedikit relaksasi dapat membantu Anda menemukan jalan keluar dari sebuah masalah.

  1. Olahraga Teratur

Apa salahnya meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk sebuah aktifitas positif , yaitu berolahraga? Olahraga dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Melakukan olahraga rutin setiap hari lebih berguna dibandingkan olahraga yang sangat lama namun jarang. Mulailah dengan hal kecil, seperti dengan melakukan jalan kaki/jogging.

  1. Istirahat Cukup

Mengistirahatkan tubuh sejenak disela kesibukan merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Selain dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, hal ini juga dapat menghilangkan rasa jenuh pada diri Anda. Untuk mengistirahatkan tubuh dengan maksimal, diperlukan tidur yang berkualitas.

Meremehkan tidur dapat merusak fisik, seperti tubuh menjadi lelah, tidak dapat berkonsentrasi keesokan harinya, rusaknya kulit, serta memicu masalah jantung. Kurang beristirahat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga penyakit lebih mudah menyerang.

  1. Menjaga Pola Makan

Penyakit yang ada sekarang jauh lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Hal ini dipicu pemakaian zat kimia yang saat ini sering digunakan, dibandingkan dahulu kala yang hanya mengandalkan bahan alami.

Salah satu makanan yang marak sekarang adalah makanan cepat saji/fast food maupun junk food. Makanan jenis ini sangat berbahaya bagi tubuh karena kandungan zat kimia berbahaya didalamnya, seperti pengawet, pewarna, dan zat kimia lainnya. Jadi, mulai sekarang berhentilah mengandalkan makanan cepat saji untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Tetaplah menjalani pola makan sehat, yaitu pola makan 4 sehat 5 sempurna.

  1. Hindari Merokokimage003

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok mengandung ribuan zat buruk yang dapat merusak tubuh kita. Mengeluarkan uang untuk membeli rokok, lalu merusak tubuh kita dengan menghisapnya. Hal itu hanya akan menginvestasikan berbagai macam penyakit dalam jangka waktu yang panjang untuk diri Anda. Jadi apa untungnya merokok?

Waspadalah dengan lingkunganmu. Hindari juga menjadi perokok pasif, karena hal tersebut juga akan memberikan dampak buruk bagi Anda yang tidak merokok. Sedangkan bagi Anda yang menjadi perokok aktif, berhentilah mulai dari sekarang sebelum nantinya Anda merasakan penyesalan akibat merokok.

Sekian artikel berikut ini. Semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi Anda dan dapat Anda lakukan secara konsisten.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

4 + 3 =