5 HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM VAKSINASI FLU

vaksinasi flu klinikvaksinasiTak seorang pun ingin mendapatkan penyakit flu. Selain memberikan rasa yang tidak nyaman, penyakit flu juga menyiksa dan dapat membuat seseorang tidak bisa beraktivitas bahkan sulit berinteraksi dengan orang terdekat. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan melakukan melakukan vaksinasi flu setiap tahunnya. Mengingat komplikasi flu dapat berakhir pada kematian, vaksin flu sangat dibutuhkan oleh siapa saja. Bagi Anda yang belum mendapatkan injeksi vaksin flu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Seberapa baik vaksinasi flu?

Seberapa baik karya vaksin flu (atau kemampuannya untuk mencegah penyakit flu) berbeda dari tahun ke tahun karena virus flu selalu berevolusi dengan cepat. Efektivitas vaksin juga dapat bervariasi karena setiap orang memiliki imunitas yang bervariasi. Setidaknya dua faktor memainkan peran penting dalam menentukan efektivitas kerja vaksin flu akan melindungi seseorang dari penyakit flu:

1) karakteristik dari orang yang divaksinasi (seperti usia dan kesehatan mereka)

2) kemiripan antara flu virus dengan vaksin flu memang sengaja dirancang untuk melindungi manusia terhadap virus flu serta mencegah mereka menyebar secara luas di masyarakat.

Apakah vaksin flu dapat memberikan rasa sakit?

Bahkan jika vaksin tidak secara langsung memberikan efek pada penerimanya , tidak ada salahnya untuk mendapatkan suntikan vaksin flu, bukan? Selama 30 tahun terakhir, jutaan vaksinasi telah diberikan setiap tahun , namun sejak tahun 1991 , hanya sekitar 26 ribu efek samping telah dilaporkan. Kebanyakan reaksi yang telah dilaporkan berupa demam , ruam , sakit kepala , gatal-gatal,dan dalam beberapa kasus , kejang. Efek samping yang paling umum adalah pembengkakan di tempat suntikan di lengan Anda.

Siapa saja memerlukan vaksin flu?

Flu membunuh. Setiap tahun hampir 40.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena komplikasi flu seperti pneumonia dan gagal jantung . Lebih dari 200.000 dirawat inap karena flu. Orang-orang yang beresiko tinggi telah menurunkan pertahanan : anak-anak usia 6 bulan sampai 5 tahun , wanita hamil , orang tua dari 50 , dan siapa saja dengan kondisi kronis seperti asma , diabetes , dan jantung atau darah gangguan. CDC merekomendasikan semua orang mendapatkan divaksinasi .

Apakah mungkin terjadinya kesulitan vaksin flu?

Anda mungkin ingat kepanikan karena terjadi kekurangan vaksin flu pada tahun 2004 ? Ketika produsen flu vaksin utama , Chiron , tidak mampu memberikan 50 juta dosis vaksin karena terjadi kontaminasi bakteri. Beberapa ahli berspekulasi bahwa kekurangan mendorong orang untuk tinggal jauh dari vaksin di tahun-tahun berikutnya . Tapi Curtis Allen , juru bicara CDC , mengatakan tidak mungkin kekurangan vaksin flu tahun ini . Produsen menjanjikan catatan jumlah dosis ( 132 juta) , meskipun mereka tidak akan semua tersedia sekaligus.

Kapan harus mendapatkan vaksinasi ?

Secepat mungkin, sebelum musim flu benar-benar terjadi pada bulan Desember hingga Maret. Dibutuhkan sekitar dua minggu setelah vaksinasi bagi tubuh Anda untuk membangun antibodi yang cukup untuk melindungi Anda dari virus flu.

 

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!