5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Hepatitis

Banyak orang mengabaikan kesehatan hati, walaupun pengabaian ini dilakukan tanpa sengaja. Organ hati merupakan salah satu organ paling penting manusia. Diperkirakan 4,4 juta orang di Amerika Serikat dan hampir 400 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus Hepatitis kronis . Virus ini disebabkan oleh sekelompok virus yang berbeda yang dapat mengorbankan hati dan mempengaruhi kemampuannya untuk berfungsi . Hepatitis adalah pembunuh terbesar kedelapan di dunia dan bahkan hepatitis C, membunuh lebih banyak warga Amerika dari HIV.

Setiap tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia, ada baiknya Anda mengenal penyakit Hepatitis.

Penularan tidak selalu disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat

Pamela AndersonBeberapa tahun yang lalu aktris Pamela Anderson melakukan pengakuan dalam sebuah majalah kalau ia sedang menderita Hepatiti, Anderson mengklaim bahwa ia terinfeksi virus Hepatitis C setelah berbagi jarum tato dengan mantan suaminya Tommy Lee. Namun tidak semua virus Hepatitis ditularkan melalui jarum suntik. Dari lima tipe virus Hepatitis, ada beberapa virus Hepatitis yang ditularkan melaui kontaminasi makanan dan air (Hepatitis A dan E), sedangkan Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh, dan Hepatitis C menular melalui darah. Dalam beberapa kasus, organ hati dapat “melawan” infeksi virus Hepatitis, namun kasus lain justru membuktikan bahwa Hepatitis berkomplikasi buruk bagi kesehatan dan bahkan berakhir pada kematian. Hepatitis A dan B dapat terhindar dari komplikasi Hepatitis dengan vaksinasi, namun Hepatitis C belum ditemukan vaksinnya.

Tidak Sadar

Beberapa jenis Hepatitis menjadi sulit untuk dideteksi karena gejala umumnya yang begitu mirip dengan penyakit umum. Seperti gejala umum influenza: demam, cepat lelah, dan badan sakit, gejala lainnya juga bisa termasuk air seni berwarna gelap dan muntah-muntah. Dibutuhkan waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan sebelum Anda melihat gejala yang lebih signifikan seperti kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, ruam, dan mata dan kulit yang berwarna kekuningan (jaudince). Bahkan dalam beberapa kasus, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus Hepatitis. Hal ini banyak terjadi pada penderita Hepatitis C.

Dua Virus Saling Berkaitan

Mengapa Hepatitis disebut-sebut sebagai penyakit yang berkaitan? Mereka yang sudah terinfeksi virus Hepatitis B kronis beresiko terinfeksi Hepatis D, yang juga dikenal disebut delta Hepatitis. Meski sudah memiliki perawatan khusus Hepatitis B, pengobatan tersebut tidak selalu menjamin Anda terhindar dari bahaya Hepatitis D. Untuk itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sangat merekomendasikan untuk mendapatkan vaksin Hepatitis B, terutama bagi mereka yang memiliki kehidupan seksual yang aktif dan belum menikah.

Screening Test untuk Ibu Hamil

Salah satu penularan Hepatitis B yang paling sering terjadi melalui ibu ke anaknya. Salah satu hal penting yang perlu Anda pikirkan sebelum hamil adalah melakukan screening test Hepatitis B. Memang, bayi-bayi yang lahir dari ibunya yang menderita Hepatitis B dapat divaksinasi saat itu juga, namun tidak ada yang menjamin bahwa bayi-bayi yang sudah divaksinasi tersebut akan mendapatkan perlindungan sempurna dan tidak perlu menjadi carrier sepanjang hidup mereka. Douglas Dietrich, MD, professor fakultas kedokteran dan speasialis penyakit hati di Icahn School of Medicine at Mount Sinai berasumsi pemberian vaksin pada bayi tidak akan berefek apapun, jika ibunya memiliki kadar Hepatitis B yang berat pada darah mereka.

Hati-hati dengan Air dan Makanan Tidak Steril

Hepatitis A dan E selama ini dianggap penyakit yang gampang sembuh sepenuhnya tanpa komplikasi yang terlalu serius. Tahukah Anda infeksi dapat berdampak lebih serius pada mereka yang sudah memiliki penyakit hati? Virus Hepatitis A dan E ditularkan melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi oleh mereka yang terinfeksi dua virus ini. Tentu saja bahaya Hepatitis A dan E dapat dicegah dengan memperhatikan kebersihan, termasuk mencuci tangan setelah pergi dari kamar mandi, minum air matang, dan menghindari makanan-yang dimasak secara instan seperti makanan cepat saji dan makan daging hasil buruan seperti rusa, harimau, dan babi. Hewan ini dapat membawa virus Hepatitis . Sangat disarankan untuk memasak makanan Anda. Virus Hepatitis dapat menyerang siapa saja, karena itulah langkah pencegahan sangat perlu dilakukan. Mengapa pencegahan ini diperlukan? Bagaimana pencegahan Hepatitis? Jawabannya akan ditemukan pada artikel kami berikutnya.

 sumber : klinikvaksinasi.com

Author Info

No Comments

Post a Comment

eighteen + sixteen =