5 Ciri-ciri Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

Hati merupakan salah satu organ vital yang paling kompleks dan penting dalam tubuh manusia. Hati berperan penting dalam menyaring dan menghilangkan racun dari makanan serta membuangnya dari tubuh, membantu proses pencernaan protein dan lemak, memproduksi empedu, serta mendukung tubuh dalam mengontrol penggumpalan darah.

gejala kanker hati

Sayangnya, salah satu penyakit berbahaya yang mampu menyerang hati penyebarannya sangatlah mudah. Penyakit tersebut adalah Hepatitis B. Hepatitis B kronis bisa jadi tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga tanpa diketahui hati sudah mengalami kondisi yang parah dan masuk ke fase chirrosis dan kanker hati. Berikut adalah gejala-gejala yang harus diperhatikan, karena gejala-gejala ini adalah pertanda adanya kanker hati pada tubuh.

Gejala Dini Kanker Hati

  1. Urin gelap

Bilirubin dalam darah yang kadarnya meningkat akan menyebabkan warna urin berubah menjadi lebih pekat dari urin orang yang sehat. Warna urin penderita kanker hati biasanya berwarna kuning tua sampai coklat. Jika Anda mengalami perubahan warna urin menjadi gelap secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan yang pasti, cobalah untuk segera menghubungi dokter dan mengkonsultasikan masalah ini.

  1. Gatal-gatal

Penyebab gatal bisa bermacam-macam dan salah satunya juga adalah indikasi kanker hati. Tentunya jika gatal-gatal Anda disertai dengan gejala lain yang juga tertera pada daftar ini, maka Anda harus segera memeriksakan diri Anda. Penyebab gatal-gatal ini adalah karena meningkatnya kadar bilirubin dalam darah.

  1. Pembengkakan Organ Hati

Hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh manusia. Posisinya terletak di sisi kanan perut bagian atas dan agak ke tengah. Hati yang membengkak akan terlihat menonjol pada bagian tersebut. Segera hubungi dokter jika Anda mencurigai adanya pembengkakan pada hati.

  1. Mudah Lelah

Penderita kanker hati akan mengalami kelelahan dan umumnya tanpa sebab yang pasti. Banyak sebab lain yang bisa mengakibatkan sensasi kelelahan, namun jika kelelahan Anda disertai dengan gejala-gejala lainnya yang terdapat dalam daftar ini, maka segeralah hubungi dokter.

  1. Berat badan menurun

Hati merupakan organ utama yang mendukung tubuh dalam melancarkan proses metabolsime. Fungsi hati yang terganggu karena kanker juga akan mengganggu proses metabolisme dan dampaknya adalah berat badan tubuh akan turun tanpa penjelasan yang pasti. Segera konsultasikan pada dokter jika berat badan Anda turun drastis tanpa sebab.

Author Info

admin

Comment ( 1 )

Post a Comment

13 − one =

×
Hallo