5 Cara Mencegah Kanker Serviks pada Wanita

Cara Mencegah Kanker Serviks pada Wanita

Cara Mencegah Kanker Serviks pada Wanita

Serangan kanker serviks bisa muncul pada wanita. Penyakit ini sangat sulit diobati, dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar wanita di dunia. Untuk itulah, sebelum terserang penyakit ini, setiap wanita harus tahu cara mencegah kanker serviks.

Beberapa cara bisa dilakukan dan diterapkan. Dengan demikan, kita tak memebri kesempatan bagi penyakit kanker serviks menyerang dan berkembang dalam tubuh.

5 Cara Mencegah Kanker Serviks yang Mudah Dilakukan

  1. Memeriksa PAP’s Smear secara rutin

Jenis pemeriksaan ini merupakan cara awal mendeteksi perubahan pada serviks sejak dini. Hal ini membantu mendeteksi kondisi rahim sebelum munculnya sel-sel kanker yang lebih ganas.

Konsultasikan pada dokter kandungan. Jika hasilnya abnormal, maka bisa dilakukan tindakan lanjut untuk mencegah muncul dan berkembangnay sel kanker serviks.

  1. Hindari asap rokok

Berhenti merokok dan menghindari asap rokon adalah cara mencegah kanker serviks. Perlu diketahui bahwa asap rokok bisa menjadi pemicu munculnya kanker serviks pada wanita dan meningkatkan resiko penularan virus HPV.

  1. Melakukan vaksinasi HPV

Kini sudah ada vaksin HPV, fungsinya untuk membentuk antibodi terhadap virus HPV sebelum tumbuh menjadi kanker serviks. Pemberiannya sangat efektif pada wanita muda yang belum pernah melakukan hubungan seksual.

  1. Tidak berganti-ganti pasangan

Agar bisa hidup lebih sehat, maka jangan berganti-ganti pasangan. Hal ini bisa memicu banyak penyakit, termasuk kanker serviks pada wanita.

Perlu diketahui bahwa virups HPV bisa menular lewat hubungan intim. Jadi berganti-ganti pasangan bisa meningkatkan resiko penularan virus ini.

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Makan cukup dan juga tidur cukup adalah cara mencegah kanker seviks yang mudah. Pilihlah bahan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang mengandung pengawet, dan bahan kimia berbahaya.

Imbangi dengan tidur cukup karena tubuh juga butuh istirahat secara seimbang. Gaya hidup sehat ini juga harus dibarengi dengan rutin olahraga. Tak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan, maka tubuh akan bisa lebih bugar.

Beberapa cara mencegah kanker serviks di atas bisa diterapkan. Tak butuh biaya mahal, namun butuh konsistensi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan jauh dari ancaman kanker mulut rahim ini, khususnya bagi wanita.

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

10 − 4 =

×
Hallo