5 Alasan Mengapa Orang Dewasa Perlu Diimunisasi

Tia Mowry Vaccination with FluMist® Quadrivalent at Siren Studios on August 26, 2013 in Hollywood, California.

Tia Mowry Vaccination with FluMist® Quadrivalent at Siren Studios on August 26, 2013 in Hollywood, California.

Di Indonesia, vaksinasi dewasa masih menjadi sesuatu yang dapat dikategorikan kurang “populer”. Vaksinasi identik dengan anak-anak, padahal vaksinasi juga diperlukan oleh orang dewasa. Menurut CDC, banyak orang dewasa kurang menyadari pentingnya vaksinasi dewasa. Data yang dikeluarkan oleh National Health Interview Survey (NHIS) tahun 2013 menunjukkan hal-hal seperti berikut ini:

  1. 1 dari 5 orang dewasa berusia 19-64 tahun dengan kondisi medis berisiko tinggi tertentu telah menerima vaksinasi pneumomia.
  2. Hanya sekitar 1 dari 4 orang yang berusia 60 tahun dan lebih tua, telah menerima vaksinasi herpes zoster .
  3. Hanya sekitar 1 dari 6 orang dewasa sudah divaksinasi Tdap dalam 8 tahun terakhir. Vaksinasi Tdap dapat memberikan perlindungan manusia dari tetanus, difteri , pertusis dan batuk rejan.

Ketiga temuan di atas menunjukkan bahwa betapa masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi masih rendah. Mengapa vaksinasi sangat penting diberikan kepada orang dewasa? Berikut ini 10 alasan mengapa vaksinasi dewasa sangat penting bagi kesehatan.

Alasan 1: Dapat Cegah Penularan Penyakit

Virus dan bakteri dapat menyebabkan penyakit yang berkomplikasi pada penyakit. Penyakit yang bersumber dari virus dan bakteri pun kerap kali menular kepada orang terdekat Anda. Di masa lalu dimana vaksinasi belum banyak digunakan, penyakit dapat menyebar dengan cepat dan menciptakan epidemic. Kini, hal-hal demikian tidak seharusnya terjadi, karena vaksinasi bisa mencegah penyebaran penyakit dengan efektif.

Alasan 2: Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merekomendasikan vaksinasi baik untuk anak dan dewasa agar terhindar dari berbagai infeksi. Ketika Anda mengabaikan vaksinasi, Anda akan sangat mudah terinfeksi berbagai jenis virus. Cacar Air, pneumonia, influenza, Hepatitis B, dan HPV adalah virus-virus berbahaya yang patut Anda perhatikan.

Alasan 3: Dapat Melindungi Mereka yang Belum Divaksinasi

Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu (seperti wanita hamil atau mereka yang sedang menjalani pengobatan kanker) mungkin belum direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin tertentu (vaksin hidup), tetapi mereka sangat rentan terhadap penyakit. Vaksinasi dapat membantu mencegah penyebaran penyakit menular kepada mereka yang belum divaksinasi.  

Alasan 4: Travelling Menjadi Lebih Aman

Apakah Anda hobi travelling? Atau sedang berencana untuk studi ke luar negeri? Tidak hanya mempersiapkan passport dan visa, ada satu hal lagi yang perlu Anda tidak boleh lewatkan dari daftar “Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi ke Luar Negeri” yaitu vaksinasi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vaksinasi adalah upaya pencegahan penyakit. Jadi, sebelum pergi ke luar negeri lebih baik divaksinasi karena kita tidak pernah tahu penyakit yang akan menghadang Anda di luar sana.

Alasan 5: Pengobatan Mahal

Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi dapat menyebabkan Anda dirawat di rumah sakit. Perawatan di rumah sakit memang tidak murah, tidak hanya itu karena rawat inap dan sakit juga dapat menyebabkan Anda kehilangan waktu kerja Anda. Jika dibandingkan dengan harga vaksin, pengobatan jelas lebih mahal.

Anda ingin tahu mengenai apa saja vaksinasi yang dibutuhkan oleh orang dewasa? Jangan lewatkan tulisan-tulisan kami berikutnya.

 

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

twelve + 12 =