Cara-Menjaga-Kesehatan-Agar-Tidak-Mudah-Sakit

3 Cara Mudah Agar tidak Sakit

Cara Mudah Agar tidak Sakit

Cara-Menjaga-Kesehatan-Agar-Tidak-Mudah-Sakit

Sehat selalu dan tetap produktif setiap saat tentunya menjadi bagian dari resolusi atau keinginan kita setiap tahunnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, namun dalam tulisan ini kami hanya akan membahas 3 cara yang paling mudah dan paling terjangkau. Apa saja?

  1. Cuci Tangan Sebelum Makan

Cara ini sangat familiar. Orang tua kita sering mengingatkan kita untuk cuci tangan sebelum makan. Guru-guru di sekolah pun selalu mengajarkan kita untuk melakukan ini dan memang, cuci tangan sebelum makan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menangkal masuknya kuman ke dalam tubuh kita dan menyebarkannya ke orang lain. Mencuci tangan sangat ampuh dalam mencegah infeksi kuman karena :

-          Kita biasanya sering menyentuh mata, hidung, dan tangan secara tidak sadar. Kuman penyebab penyakit bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut.

-          Kuman dari tangan yang kotor bisa berpindah kepada makanan dan minuman yang sedang kita siapkan atau kita konsumsi. Beberapa kuman bahkan bisa memperbanyak diri pada jenis makanan atau minuman tertentu, atau pada kondisi tertentu dan akhirnya menginfeksi orang yang mengkonsumsi makanan atau minuman itu.

-          Kuman dari tangan yang masih kotor juga bisa berpindah kepada benda-benda lain seperti handrail tangga, meja, dan mainan yang lalu berpindah pula ke tangan orang lain yang menyentuh benda-benda tersebut.

-          Removing germs through handwashing therefore helps prevent diarrhea and respiratory infections and may even help prevent skin and eye infections.

  1. Olah Raga

Olahraga yang direkomendasikan oleh berbagai sumber secara garis besar terdiri dari 2 jenis, yaitu olah raga angkat beban dan olah raga kardio. Bagi pemula yang baru akan memulai olah raga lagi, olah raga kardio sebaiknya dilakukan 4 – 5 kali seminggu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan detak jantung secara konsisten. Segala kegiatan fisik yang mulai dilakukan dengan rutin akan membantu metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses gula darah. Contoh olah raga kardio adalah jalan cepat, lari , dan senam kardio

  1. Vaksinasi

Vaksinasi, bersama-sama dengaan cuci tangan disebut sebagai penemuan terbesat umat manusia dalam langkah pencegahan penyakit. Dengan vaksinasi, beberapa jenis penyakit berbahaya akan dengan mudah dicegah dengan probabilitas tinggi, mencapai hingga 90%. Saat ini sudah banyak penyakit berbahaya menular yang bisa divaksinasi, baik bagi bayi, anak, maupun dewasa. Penyakit-penyakit yang sangat mudah menular seperti Hepatitis B dan Difteri bisa dicegah dengan vaksinasi. Cek jadwal vaksin dewasa ini dan lengkapi vaksinasi Anda segera untuk mendapatkan perlindungan maksimal untuk setiap penyakit yang bisa dicegah.

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

1 × four =