3 Cara Efektif Mencegah Influenza

3 Cara Efektif Mencegah Influenza

Mencegah influenza adalah salah satu cara melindungi keluarga tercinta dari salah satu penyakit paling menular di dunia. Jika penyakit flu menyerang, maka kondisi tubuh menjadi lemah dan lebih mudah untuk dihinggapi penyakit lain akibat komplikasinya.

Terlebih bagi anak-anak dan lanjut usia, mereka sangat mudah terkena komplikasi flu. Termasuk pula orang dengan kekebalan tubuh rendah dan memiliki penyakit kronis. Maka, seperti penyakit-penyakit lainnya, akan lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit influenza.

influenza

3 Cara Mudah Mencegah Influenza

Cara mencegah influenza sangat mudah. Anak-anak hingga lanjut usia bisa menerapkannya untuk menjauhkan tubuh dari virus menular ini. Berikut ini 3 hal yang perlu Anda lakukan dan terapkan pada keluarga tercinta:

  • Mencuci tangan dengan sabun

Langkah sederhana ini bisa membantu membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Karena penularan bisa terjadi melalui kontak tangan. Tangan bisa dihinggapi virus. Maka mencuci tangan bisa menjadi perlindungan yang efektif.

  • Melakukan vaksinasi

Istilah vaksin influenza belum akrab di telinga masyarakat luas. Langkah ini bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari virus influenza yang sangat menular.

Seperti halnya vaksin lain, vaksin influenza membuat tubuh bisa membentuk antibody terhadap virus influenza sehingga tak akan mudah sakit flu. Utamanya dilakukan sebelum bepergian ke negara lain, seperti ibadah umroh. Vaksinasi influenza merupakan pencegahan utama terhadap penyakit ini, ini karena vaksin membentuk kekebalan di dalam tubuh, sehingga dari manapun virus datang, tubuh sudah siap .

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yang bisa dilakukan ialah olahraga teratur. Bisa juga dengan menjaga asupan makanan. Pastikan Anda dan keluarga sudah cukup konsumsi gizi.

Dengan demikian, maka virus akan jauh-jauh dan tak akan menyerang kembali. karena virus apapun itu akan lebih mudah menyerang tubuh manusia saat daya tahan tubuhnya menurun.

Pentingnya Vaksinasi Flu

Meskipun belum banyak dikenal, namun langkah mencegah influenza ini sangat penting. Pemberiannya cukup dilakukan satu tahun sekali. Alasan utamanya ialah, karena virus influenza mudah bermutasi, jadi ada kemungkinan selama satu tahun, jenis virus influenza yang banyak beredar akan berubah dari tahun lalu. Jadi pemberian vaksin tahunan lebih maksimal melindungi tubuh

Vaksin ini juga menjadi cara mencegah influenza terutama bagi penderita penyakit kronis. Karena jika flu menyerang bisa mengakibatkan komplikasi lanjutan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

eight − five =

×
Hallo