10 FAKTA VAKSIN TETANUS PADA DEWASA

Fakta 1 :  Tetanus dapat dicegah dengan efektif dan aman oleh VAKSINASI

Fakta 2 :  Anda tidak akan terserang tetanus karena suntikan tetanus.

Fakta 3 :  Tetanus disebabkan oleh toksin (racun) yang diproduksi oleh bakteri Clostridium yang dapat ditemukan di tanah dan debu

Fakta 4 :  Tetanus tidak ditularkan dari orang ke orang; vaksinasi hanya memproteksi orang yang divaksin  saja, tidak menimbulkan herd immunity.

Fakta 5 : Hampir semua kasus tetanus terjadi pada orang yang tidak pernah menerima suntikan tetanus berseri atau dapat pula terjadi pada orang yang sudah lengkap imunisasinya namun tidak melakukan suntikan ulangan 10 tahun terakhir.

Fakta 6 : Kira-kira 10 – 20 persen kasus tetanus yang dilaporkan adalah fatal

Fakta 7 : Di Amerika, dilaporkan kira- kira 50 kasus tetanus terjadi setiap tahunnya, kematian terjadi pada orang usia 60 tahun ke atas dan orang dengan diabetes.

Fakta 8 : Pasien tetanus mungkin perlu dirawat beberapa minggu di rumah sakit di bawah ICU dan mungkin membutuhkan ventilator.

Fakta 9 : Untuk dewasa, booster tetanus-diphtheria (Td) dibutuhkan tiap 10 tahun yang akan melindungi diri dari tetanus dan difteri. Vaksin tetanus-difteri-pertusis (Tdap) dapat diberikan lagi apabila dulu pernah divaksinkan hanya dnegan Td saja.

Fakta 10 : Jika Anda sembuh dari sakit tetanus, tidak membuat Anda kebal terhadap tetanus. Pasien yang telah sembuh dari tetanus perlu mendapatkan vaksinasi tetanus setelah keadaannya stabil.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.